Jumat, 13 April 2012

[SEBAGIAN CERITAKU]


CERPEN : PERJALANAN MENEMUKAN ARTI CINTA SEJATI [2]
AUTHOR : ZULAIPATNAM
GENDRE : LOVE
RATED : [PG 13]
NB : semua pengertian cinta sejati benar-benar saya dapatkan dari orang di keliling saya.
STORY
Sejauh yang kulihat sekarang adalah kumpulan orang yang menjadi satu di alun-alun kota, dengar-dengar sedang ada promo besar-besaran dari sebuah produk kosmetik ternama, aku tertarik dan mendekat. Siapa tahu disana nanti aku bisa menemukan sebuah cerita dan pandangan akan apa itu cinta sejati yang lebih mendalam.
Aku memilih tempat duduk yang redup dibawah pohon lebat, duduk di kursi kayu panjang yang nyaman dan bergaya kuno karena ukiran di sandaran bangkunya, aku duduk dan merebahkan punggungku di sandaran kursi, mencoba mencari kenyamanan di sana sambil sesekali melihat kearah kerumunan untuk mendengarkan apa yang sedang dibahas tentang topic kosmetik tadi.
“permisi.” Kata seorang wanita mapan yang mencangking tas laptopnya, aku mengangguk dan memberinya tempat duduk disampingku.
“terimakasih.” Katanya dengan senyum ramah, aku membalas.
“sedang apa disini?.” Tanya wanita disampingku, dia bertanya atau apa aku tidak mengerti karena saat aku melihat kearahnya wanita itu tengah asyik berselancar di dunia maya.
“apa kamu sendirian?.” Tanyanya lagi. Aku mengiyakan. “lebih baik sendirian, itu lebih mnyenangkan.” Tambahnya memberikan teori. Aku sekali lagi mengangguk meskipun tidak mengiyakan pendapat wanita itu barusan. Sendiri tidaklah menyenangkan, yang menyenangkan adalah menjauh sejenak dari kehidupan untuk menjernihkan fikiran.
Aku sedikit mengintip kelayar laptopnya dan mendapati dia tengah membuka blog miliknya, dengan nama TEMPATMU MENCURAHKAN ISI HATI, aku mengangguk puas dengan tags-tags yang ada disana, ini seperti sebuah kumpulan cerpen yang diangkat dari kisah nyata lebih tepatnya, karena setiap postingannya memiliki judul yang asik.
“kau mengelola blog ini?.” Tanyaku penasaran.
“ia, aku adminnya, ini adalah blog pertamaku yang lumayan sukses, ada sekitar 500 pengikut blog dan hampir 4 posting perhari dari setiap member disini.” Jelasnya membuatku penasaran, berarti blog wanita ini sangat menarik sehingga banyak yang menyukai, tidak seperti blog pribadiku yang pengikutnya tidak sampai 5 orang. Huft…mengingat itu aku jadi sedi.
“blog ini memuat cerpen atau apa?, karena kulihat lebih mengarah pada cerpen.” Setidakya itu menurut pengamatanku.
“hahahah, kau benar, entahlah. Aku juga bingung, padahal sudah jelas-jelas di atas tertuliskan tempatmu mencurahkan isi hati, awalanya aku berharap ini adalah tempatku untuk bergosip,  menuangkan segala pengat fikiran, ajang mencari pengalaman dan teman, namun setelah banyak peminatnya aku sama sekali tidak pernah mempostingkan apapun di sini, hanya melihat dan mengawasi.” Terangnya panjang lebar.
“boleh aku membacanya?.” Pintaku. Wanita itu mengangguk. Aku mulai membaca dan mendapatkan judul yang pas untukku. MY ENDLESS LOVE STORY.
Dikisahkan seorang gadis yang menjadi yatim piatu setelah kematian ayahnya yang misterius, gadis itu adalah satu-satunya penerus perusahaan kosmetik ternama di INDONESIA, banyak sekali jajaran petinggi perusahaan yang tidak menyukai gadis ini –sebut saja Yuarta-, dan bahkan ada yang sudah berniat untuk menyingkirkan Yuarta dari kancah perusahaan dan dunia. Hingga suatu petang, Yuarta berlari ketakutan dengan nafas yang memburu, dia tengah di kejar oleh sekitar 4 orang pembunuh bayaran, dia berlari dan berlari bersama kekasihnya Taruna, mereka berlari dan berlari sampai pada ujung pelarian mereka. Taruna tertembak di bagian punggung atas sebelah kanan, dia tidak terselamatkan dan Yuarta berlari kabur sejauh-jauhnya. 2 thn berlalu dari kejadian mengerikan itu, yuarta kini bekerja di bar, kenapa Yuarta bekerja di tempat seperti itu tentu tanpa alasan, dia mengenali kolega mendiang ayahnya yang menjadi tamu VVIP di bar tersebut. Dengan mempertaruhkan harga diri Yuarta merayu kolega ayahnya tadi yang berusia 12 thn lebih tua darinya. Dia rela dan membiarkan harga dirinya jatuh hanya untuk kembali ke perusahaan dan membalas dendam terhadap orang-orang yang telah membuangnya seperti anjing sakit ini. Pucuk dicinta ulam pun tiba, yuarta berhasil mendapatkan hati kolega ayahnya yang bernama Faruq dengan penuh perjuangan. Tidak tanggung-tanggung yang ia dapatkan sekarang adalah tempat sebagai direktur pemasaran di perusahaan mendiang ayahnya dan menjadi istri kedua untuk Faruq. Setibanya di dalam perusahaan sudah pasti Yuarta akan bertemu dengan presedir baru yang tentunya dialah orang dibalik otak pembunuhan yang nyaris merenggut nyawanya. Tidak disangka dan tidak diduga, perebut tahta kepemimpinannya di perusahaan dan dalang dari semua kejadian itu adalah Taruna, kekasihnya yang ia anggap telah meninggal. Jadi selama 2 thn Taruna membiarkan Yuarta hidup dalam tekanan, rasa bersalah, dan ambisi untuk balas dendam. Mereka sekarang benar-benar menjadi pesaing bisnis yang kuat, bekali-kali Yuarta mencoba menumbangkan Taruna dari kursi presedir namun gagal, begitu juga dengan Taruna yang sudah mencoba berbagai cara untuk men drop out Yuarta dari perusahaan juga selalu gagal, banyak yang mengatakan jika Benci tidak jauh beda dengan Cinta. Itulah yang dirasakan mereka sekarang, karena lambat hari, bulan, dan tahun hubungan diantara keduanya sudah berganti sedikit demi sedikit lebih mesra, sampai ada gossip diantara keduanya yang terdengar oleh Faruq yang notabenya adalah suami sah Yuarta. Faruq merancang strategi untuk menyikirkan keduanya, beban fikiran membuat Faruq yang sudah berusia 49 thn sakit-sakitan, Yuarta bagaimanapun adalah istrinya, dia kembali kepangkuan Faruq dan meninggalkan benih cintanya pada Taruna yang sudah hampir tumbuh menjadi abadi. Yuarta dihadapkan pada pilihan berat, cintanya pada sang kekasih penghianat yang sudah tumbuh kembali atau pada suami yang ia nikahi tanpa berlandaskan rasa cinta sama sekali, di bingung dan memilih untuk menunggu mana yang terbaik untuknya sampai pada waktunya habis.
“itu seperti cinta yang sama sekali tidak dapat ia temukan dalam hidupnya, bahkan sampai ia meninggalpun cinta tidak datang padanya. Dia gadis yang malang karena hanya memikirkan balas dendam dan kenyataan akan cintanya yang bercabang untuk 2 pria yang ia juga tidak tahu dengan siapa ia pasti mendaratkan cintanya.” Papar wanita pemilik blog itu padaku. Aku mengangguk dan mengiyakan.
“berarti cinta sejati itu tidak ada?. Begitu. Setidaknya itu yang kuambil dari kehidupan gadis ini.” Tuturku mencoba mengeluarkan pendapat.
“kurang lebih seperti itu, tapi kau harus meyakini jika cinta sejati itu ada. Pernah mendengar kisah cinta usman dan putri nabi Mukhammad yang bernama Ruqoyyah?,” tanyanya sembari focus kembali kelayar laptopnya.
Aku menggeleng. Dia mendecak dan mulai bercerita. “ Usman adalah pria yang sangat romatis dan lembut. Kisah cinta mereka tercatat di sejarah sebagai kisah cinta paling romantic sepanjang masa. Bahkan nabi rela memberikan satu lagi putrinya yaitu Ummu qulsum siadik kepada usman sepeninggal Ruqoyyah yang dikawini umar pertama kali. Cinta sejati itu benar-benar ada, bahkan islam menjanjikan jika hubungan suami istri solekhah, maka di surga nanti mereka dipastikan akan bersama kembali.” Penjelasan yang panjang yang membuatku memikirkan kembali tentang acara jalan-jalanku mencari arti cinta sejati.
Aku tidak ingin perjalanan ini sia-sia dan hanya akan menghasilkan sebuah romance picisan yang sudah banyak di pasaran dan didengar oleh banyak orang. Kukembalikan laptop wanita disampingku dan beranjak pergi.
“terimakasih atas cerita yang indah, aku sangat suka. Kuharap kita bisa bertemu kembali suatu saat nanti.” Kataku mengucapkan selamat tinggal dan pergi sambil melambaikan tangan, wanita itu membalas dan kembali berkonstrasi pada layar laptopnya.
Cinta sejati adalah cinta yang terselubung dan membutuhkan waktu untuk menyadari jika cinta itu ada untukmu, cinta yang sangat indah dan membutuhkan perjuangan untuk meraihnya.
===รจ TO BE CONTINUE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar